world

Apa Yang Terjadi Pada Bitcoin Anda Saat Anda Meninggal?

Jika suatu hari meninggal, apakah Bitcoin bisa diwariskan?

Bitcoin dan aset kripto lainya, kini makin populer. Namun, jika Anda investor kripto jangka panjang atau bahkan seorang investor kripto yang baru, mungkin bertanya-tanya; Apakah Bitcoin bisa diwariskan? Kali ini, kami akan membahas beberapa cara bagaimana Anda dapat mewariskan aset kripto Anda ketika Anda meninggal.

Berbeda dengan mata uang lain pada dasarnya, Bitcoin dan aset kripto lainnya tidak memiliki wujud. Maka dari itu, aset kripto tersimpan dalam dompet digital. Dan pemilk dari dompet digital tersebut memiliki kata sandi atau kunci pribadi guna mengamankan aset kripto mereka. Karena mata uang kripto menggunakan teknologi blockchain dan sistemnya adalah peer-to-peer, sistem kerjanya tidak didukung oleh regulator pemerintah mana pun. Sudah banyak kasus di seluruh dunia dengan hilangnya jutaan dolar dalam bentuk kripto setiap tahun karena kematian pemiliknya yang tidak diwariskan. Jadi, pertanyaannya adalah; bisakah Anda mewariskan aset kripto Anda? Jawaban sederhananya adalah iya. Dan ada beberapa cara Anda bisa mewariskannya agar tidak hilang secara sia-sia.

Bagikan kunci pribadi Anda kepada pihak yang Anda ingin wariskan

Jika Anda berencana untuk mewariskan aset kripto Anda kepada anggota keluarga, memberi akses dengan cara membagikan kunci pribadi Anda ke dompet digital Anda bisa menjadi solusinya. Dompet digital sering kali menggunakan dua kunci untuk memungkinkan akses pemilik: kunci publik yang dapat dilihat siapa pun dan kunci pribadi. Ini adalah metode paling umum bagi pemilik kripto untuk memastikan Bitcoin mereka bisa diwariskan. Jika Anda ingin lebih aman, simpan kunci dompet digital Anda di flashdisk.

Tulis aset kripto Anda di surat wasiat

Penting bagi Anda untuk secara khusus mencantumkan aset kripto Anda dalam surat wasiat Anda. Jika tidak, itu akan jatuh ke dalam ‘residu’ milik Anda. ‘Residu’ adalah istilah umum untuk aset yang tidak secara khusus tercantum dalam surat wasiat Anda.

Jika cryptocurrency jatuh ke dalam residu, maka akan sulit untuk diidentifikasi, terutama jika Anda tidak tahu ke mana harus mencari. Tidak seperti aset tradisional seperti saham atau rekening bank, cryptocurrency tidak meninggalkan jejak kertas yang jelas. Oleh karena itu, Anda harus memastikan mata uang kripto Anda teridentifikasi dengan jelas.

Melalui sebuah bursa kripto

Beberapa bursa kripto seperti Coinbase allow family members of a deceased client to access their crypto assets. To make sure the assets are passed on to a legal heir, the Coinbase meminta dokumen yang valid sebagai barang bukti. Misalnya, akta kematian pemilik, surat wasiatnya, bukti identitas yang dikeluarkan pemerintah dari ahli waris, dll. Maka dari itu, menulis aset kripto Anda dalam surat wasiat Anda sangat penting.

Jika Anda ingin melakukan investasi Bitcoin dan aset kripto lainnya untuk jangka panjangAnda perlu memiliki sebuah plan khusus tentang apa yang akan terjadi dengan aset kripto Anda ketika suatu hari Anda meninggal. Meninggalkan cryptocurrency kepada orang yang Anda cintai setelah kematian Anda membutuhkan lebih banyak perencanaan daripada aset tradisional. Tetapi dengan sedikit usaha sekarang, Anda dapat menyederhanakan proses untuk penerima Anda dan memastikan bahwa mereka mewarisi koin Anda.

Dapatkan update terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di Twitter, Facebook dan Instagram.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, dan masukan, silahkan kunjungi kami di roadmap.usenobi.com atau bergabung dengan komunitas kami di Telegram.

#GrowYourCrypto #GrowWithNOBI

Apakah artikel ini bermanfaat bagi kamu?

Bagikan :

Artikel Terkait

Topik Pilihan

Trading
Market Analysis
Learn
Investment
Getting Started
English
Crypto News
Crypto
Blockchain
Bitcoin
Altcoins

Moving Your Crypto Forward in One App

Artikel Terkait

Bitcoin Halving 2024: Dampaknya bagi Investor dan Masa Depan Kripto

25/06/2023