Belajar bersama NOBIIndonesia

Bagaimana Masa Depan DeFi?

Setelah 2020, Bagaimana Nasib DeFi Di Tahun 2021?

 

Read in English

Sampai saat ini, keuangan terdesentralisasi atau biasa disebut dengan DeFi (Decentralized Finance) tetap menjadi trending topik dan mendapatkan respon yang positif terutama di dunia kripto. Ini tidak lepas dari inovasi baru dari DeFi yang mulai bermunculan di pasar. Masing-masing dengan keunggulannya tersendiri. Untuk kali ini, kita akan membahas topik menarik yang mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya. Apakah DeFi akan bertahan?

Mari mundur ke belakang, DeFi pertama kali muncul di tahun 2018. Hanya dalam 2 tahun, DeFi telah bertransformasi menjadi lebih dari sekedar sistem keuangan terbuka, tetapi menjadi industri tersendiri. Salah satu tren di ekosistem DeFi adalah Yield Farming seperti yang sudah kita diskusikan di blog sebelumnya. Tetapi pertanyaannya sekarang adalah, apakah DeFi akan menjadi sistem keuangan masa depan? Pertama, kita harus mengetahui keunggulan dan kelemahan dari DeFi itu sendiri. DeFi menghilangkan pihak ketiga dari semua jenis transaksi, yang menawarkan transparansi dan efisiensi waktu juga. Tetapi, karena DeFi didasarkan pada smart contract, ada beberapa hal yang harus Anda waspadai, masalah paling umum yang mungkin terjadi adalah masalah bug dan peretasan. Maka dari itu, audit sangat penting.

Audit Menjadi Hal Wajib

Audit dalam smart contract sangat diperlukan. Walaupun masih banyak pengembang yang menerapkan kode mereka tanpa audit, ini sangat beresiko peretasan dan penipuan. Alasan utamanya adalah biaya audit itu sendiri yang tidak sedikit, dan tidak banyak yang mampu melakukan audit. Tapi jangan khawatir untuk pengguna NOBI!

Baru-baru ini NOBI bekerja sama dengan salah satu protokol DeFi ternama di ekosistem DeFi, yaitu AAVE. Tidak hanya ternama, AAVE adalah protokol DeFi yang sudah diaudit. Jangan sampai ketinggalan untuk saksikan episode terbaru NOBI TALKS LIVE tanggal 18 December 2020, yang akan disiarkan langsung melalui Youtube channel NOBI. Dimana kami akan berdiskusi dengan CEO AAVE, Mr. Stani mengenai bagaimana cara mudah dan aman bagi pengguna bergabung dalam ekosistem DeFi melalui kerjasama NOBI dan AAVE.

Masa Depan DeFi

Kembali ke topik, banyak yang percaya bahwa DeFi adalah masa depan sistem keuangan, meskipun memiliki keunggulan dan kelemahan. Dan ditambah juga dengan harga berbagai aset kripto yang mengalami penguatan signifikan pada tahun ini. Tahun 2020 menjadi sejarah penting bagi aset kripto di seluruh dunia, hal ini ditandai dengan meroketnya kembali harga Bitcoin yang menyentuh level tertingginya sepanjang sejarah. Salah satu kabar paling menggembirakan adalah harga Bitcoin yang kembali menyentuh level tertingginya, yaitu sekitar USD 19.600 atau Rp 270 juta! Ini tentunya sangat berpengaruh untuk masa DeFi itu sendiri, karena koin-koin berbasis DeFi bisa naik dan turun secara fantastis hanya dalam satu malam dan dua malam saja, ini  terjadi karena besarnya permintaan DeFI itu sendiri.

Selain Bitcoin, harga Ethereum juga semakin meroket di 2020. Hal tersebut juga disebabkan karena masyarakat akan semakin mudah mendapatkannya dan tren DeFi yang juga semakin meningkat. Salah satu tren yang kemungkinan akan meningkat di tahun 2021 adalah Polkadot Exosystem. Polkadot sendiri merupakan sebuah protokol yang dikhususkan untuk web 3.0. Web 3.0 foundation berfokus pada project yang user friendly secara decentralized serta memberikan pendanaan kepada banyak project yang akan dibangun pada jaringan Polkadot. Sehingga ketika jaringan Polkadot sudah live maka langsung bisa hadir banyak ekosistem pendukung di dalamnya bukan hanya project infrastruktur biasa.

Jadi,  memang ada pro & kontra di sepanjang jalan, tetapi inovasi baru dari ekosistem DeFi selalu menarik untuk kita tunggu. Namun untuk saat ini, DeFi masih populer dan menjadi sorotan di dunia kripto. Jadi, apa pendapat Anda tentang DeFi? Akankah DeFI bertahan?

 

Ikuti terus blog NOBI untuk mengetahui tentang topik yang sedang tren di dunia kripto.

Pastikan juga Anda mendaftar dan mengikuti NOBI TALKS LIVE yang akan berlangsung hari Jumat, 18 Desember 2020 pukul 16.00 WIB yang akan disiarkan secara langsung. Temukan jawaban serta tips tentang bagaimana cara mengembangkan kripto dengan cara aman dan mudah bersama NOBI.

Akan ada Giveaway spesial akhir tahun dari NOBI & AAVE yang menanti Anda. Daftar sekarang di Loket.com dan pastikan Anda tidak melewatkannya!

Untuk daftar, klik gambar di bawah ini.