world.svg
Bebas Finansial Lewat Staking Crypto? Siapa Takut!
Bebas Finansial Lewat Staking Crypto? Siapa Takut!

Read in English

Siapa bilang mendapatkan keuntungan di dunia kripto hanya bisa dicapai melalui trading? Faktanya, saat ini kita memiliki beragam opsi lain yang tidak kalah menguntungkan. Salah satunya melalui staking kripto. Dengan metode ini, kita bisa mendapatkan passive income tanpa perlu menjual token ataupun coin yang kita punya. Lebih mudah, minim risiko, dan hemat waktu, yuk simak artikel berikut.

Apa Itu Staking Crypto?

Staking adalah aktivitas di mana kamu mengunci sebagian aset untuk menghasilkan bunga. Kamu dapat menjalankan staking di staking pool, secara individu, atau melalui bursa. Sebenarnya, konsep staking mirip seperti menyimpan uang di bank untuk mendapatkan bunga.

Lewat staking, pada dasarnya kita mengunci aset kripto untuk berpartisipasi dalam menjalankan blockchain dan memastikan keamanannya. Aktivitas ini dapat terjadi pada blockchain yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake.

Bagaimana Cara Kerja Staking Crypto?

Sederhananya, staking beroperasi dengan dasar yang sama seperti melakukan deposit di bank. Kita menyetor sejumlah uang dengan batas tertentu untuk mendapatkan persentase bunga sebagai keuntungan. Perbedaannya adalah, dibandingkan dengan bank, aset kripto dapat menawarkan suku bunga yang jauh lebih besar.

Selain itu, platform staking tertentu juga menawarkan layanan tanpa periode penguncian, yang sangat bermanfaat bagi pengguna sendiri. Staking aset kripto memungkinkan kamu mendapatkan bunga sembari hodling koin favoritmu.

Pada saat penulisan, bunga staking FIRO telah melampaui +16.77% APR di NOBI. Menariknya lagi, tidak ada periode penguncian (no-lock in period) di platform ini.

Apa Keuntungan yang Kita Dapatkan Lewat Staking Crypto?

Pastinya, aktivitas staking dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan pasif (passive income) bagi kamu tipe investor jangka panjang.

Selain itu, staking juga memiliki manfaat lainnya, yaitu sebagai bentuk kontribusi pada keamanan dan efisiensi proyek blockchain yang kamu dukung.

Dengan menjalankan staking dari sebagian aset kripto yang kamu miliki, artinya kamu membuat blockchain jadi lebih tahan terhadap serangan serta meningkatkan performanya untuk memproses transaksi.

Kesimpulan

Setelah memahami penjelasan singkat mengenai definisi, cara kerja, dan keuntungan staking di atas, pastinya kita bisa menyimpulkan bahwa staking crypto adalah salah satu cara terbaik untuk meraih kebebasan finansial. Selain mudah untuk dilakukan, staking juga memberikan risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan trading atau mining.

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
Lebih Mudah Bergabung Dengan NOBI!
All NOBI Fees Explain
Biaya NOBI
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...