world.svg
NOBI Luncurkan Fitur Laporan Pajak, Begini Cara Mengunduhnya
NOBI Luncurkan Fitur Laporan Pajak, Begini Cara Mengunduhnya

Read in English

NOBI meluncurkan fitur baru, yaitu fitur Laporan Pajak. Fitur ini menyediakan laporan atas transaksi yang pengguna lakukan dan potongan pajak secara berkala sesuai dengan regulasi PMK No. 68/PMK.03/2022. Sesuai ketentuan, pemotongan pajak atas transaksi jual dan beli kripto berlaku mulai 1 Mei 2022. Transaksi jual beli yang terjadi sebelum tanggal tersebut tidak dipotong pajak.

Bukti laporan pajak ini akan memudahkan semua pengguna NOBI dalam pelaporan pajak tahunan. Dan yang terpenting, bukti ini akan menjadi salah satu instrumen pelaporan yang diperlukan dalam proses pelaporan SPT Tahunan (Surat Pemberitahuan Tahunan). 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena pajak sudah disetorkan oleh NOBI. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot melakukan penyetoran sendiri. Laporan pajak dalam bentuk PDF yg NOBI berikan ini adalah sebagai referensi, dan pengguna tidak wajib melampirkannya dalam Pelaporan SPT.

Fitur baru ini pastinya juga menjadi salah satu bentuk transparansi yang NOBI terapkan bagi seluruh pengguna. Nah, bagaimana cara mengunduh laporan pajak aset kripto kamu di NOBI? Simpel sekali, yuk simak langkah-langkah mudah berikut.

1. Masuk ke akun NOBI kamu dan tekan pada menu profil. Lalu, pilih Laporan Pajak.

Catatan: Perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk semua pengguna NOBI yang telah melakukan verifikasi akun (KYC). Jadi, pastikan kamu sudah melakukan verifikasi akunmu agar bisa menikmati fitur ini.

2. Kedua, silakan masukkan PIN kamu.

3. Pada halaman Laporan Pajak, tersedia periode pajak yang bisa kamu pilih.

4. Silakan pilih periode pajak yang kamu inginkan, dan tekan pada ikon unduh.

5. Selamat! Laporan Pajak kamu sudah berhasil diunduh. Sekarang, kamu bisa mengecek pajak tahunan aset kripto kamu di NOBI.

Catatan: Aktivitas yang dikenakan pajak hanya transaksi perdagangan aset kripto (transaksi  jual dan beli). Perlu diingat juga, Laporan Pajak ini bukan laporan semua riwayat transaksi kamu. Jadi, Laporan ini hanya akan mencantumkan detail pajak tahunan kamu, yang terdiri dari transaksi perdagangan kripto dan juga nilai aset pengguna per 31 Desember. 

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
Yield Farming: Kenapa Menjadi Tren?
Cara Mudah Bergabung di Produk NOBI
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...