DeFi Masa Depan Keuangan
Belajar bersama NOBIIndonesia

DeFi, Sistem Keuangan Masa Depan

Read In English

Saat ini Decentralized Finance (DeFi) menjadi topik hangat yang sedang ramai diperbincangkan di dunia cryptocurrency. Tapi apa sebenarnya DeFi itu? Sekarang, mari cari tahu lebih dalam supaya Anda tidak ketinggalan.

Istilah “Decentralized Finance” (DeFi) sendiri didirikan oleh sekelompok influencer pada Agustus 2018 lalu. Ide utamanya adalah menciptakan sistem keuangan yang transparan dan terbuka untuk umum. Atau mereka lebih suka mendeskripsikannya sebagai “Open Finance” (System Financial Terbuka) lebih tepatnya. Berbeda dengan sistem keuangan tradisional yang selama ini kita kenal, yang tidak transparan ke publik. Tidak ada yang salah dengan itu, sama halnya Anda berjalan masuk ke salah satu restoran Chinese dan Anda melihat dapurnya yang tertutup kaca sehingga Anda bisa melihat bagaimana hidangan Anda dibuat dan disajikan oleh chef. Tetapi beberapa restoran lebih memilih dapurnya tertutup. Bagaimanapun, tidak ada perbedaan mana yang benar. Itu hanya inovasi dari sistem sebelumnya.

Gerakan DeFi bisa dibilang salah satu pasar paling menjanjikan di sektor teknologi keuangan saat ini dan telah diimplementasikan ke lebih dari 100 aplikasi DeFi di Ethereum, mulai dari pertukaran desentralisasi dan protokol peminjaman hingga platform perdagangan derivatif yang tidak dapat dipercaya dan kumpulan likuiditas yang menghasilkan hasil.

Namun menurut DeFi Pulse, segmen “Lending” adalah segmen tunggal terbesar DeFi dengan harga $ 3,7 miliar. Pertumbuhan pasar pinjam meminjam melalui DeFI, yang sering disebut sebagai protokol pasar uang telah dominan. Ini mewakili lebih dari setengah dari total nilai $ 7,1 miliar yang saat ini terkunci di DeFi. Ada beberapa platform peminjaman DeFi yang mungkin ingin Anda sudah ketahui. Misalkan Uniswap, Maker, dan Aave.

 DeFi adalah teknologi yang relatif baru dan meskipun berteknologi tinggi, ini masih dalam tahap awal. “Dengan kekuatan besar, datanglah tanggung jawab besar.”. DeFi didasarkan pada Smart Contract, dan salah satu hal yang bisa salah di DeFi adalah penipuan dan di-hack. Penting untuk melindungi diri dan memastikan aset digital Anda disimpan dan diasuransikan dengan benar.

Ketahui lebih lanjut tentang DeFi dari Pro & Kontra, Masa depan DeFi itu sendiri, dan banyak lagi di blog atau di NOBI TALKS podcast bulan ini!