world.svg
Kabar Gembira, Indonesia Akan Segera Memiliki Bursa Kripto Nasional!
Kabar Gembira, Indonesia Akan Segera Memiliki Bursa Kripto Nasional!

Read In English

Siap-siap para investor kripto Tanah Air,

Karena tidak lama lagi Pemerintah akan segera luncurkan bursa kripto Nasional!

Betul sekali, tidak lama lagi Indonesia akan segera memiliki bursa kripto nasional sendiri! Ini tentunya kabar yang sangat mengembirakan bagi para investor kripto tanah air, mengingat Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan memiliki bursa kripto yang dikelola oleh pemerintah.

Industri kripto tampaknya sedang mengalami serangan yang bertubi-tubi dari berbagai pihak, mulai dari Tiongkok yang melarang keras segala bentuk aktivitas penambangan kripto di negara tersebut, dan bursa kripto Binance yang juga sedang menghadapi masalah legalitas di beberapa negara seperti Inggris, Hong Kong, dan Italia. Itulah beberapa faktor utama mengapa pasar kripto seperti roller-coaster semenjak April.

Harga Bitcoin sendiri kini berada di angka di kisaran Rp554 juta (di waktu penulisan), Itu hampir setengah dari harga tertinggi (All-Time High) di angka Rp 919 juta pada bulan April lalu. Hal ini memicu sedikit kekhawatiran bagi para trader dan investor kripto yang baru. Lalu, bagaimana dengan nasib aset kripto ke depan?

Jumlah Investor Yang Terus Bertambah Pesat

Indonesia merupakan negara dengan jumlah investor kripto yang tumbuh pesat mencapai 4,45 juta investor, dan dengan transaksi selama lima bulan pertama di tahun 2021 menyentuh angka Rp 370 triliun. Angka ini naik drastis dari transaksi tahun 2020 menurut Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi. Ia mengatakan tahun lalu hanya mencapai Rp 65 triliun.

Selanjutnya mari kita ketahui mengenai legalitas aset kripto di Indonesia. Apakah cryptocurrency legal di Indonesia? Cryptocurrency memang legal di Indonesia, namun Bank Indonesia (BI) menegaskan Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran yang dilakukan di wilayah NKRI wajib menggunakan Rupiah. Maka dari itu cryptocurrency di Indonesia sah jika sebatas aset komoditas saja. Berikut adalah 4 poin mengenai legalitas aset kripto di Indonesia:

  • Aset kripto di Indonesia sebatas aset komoditas
  • Segala bentuk regulasi terkait aset kripto di Indonesia berada di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)
  • Aset kripto tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia
  • Indonesia menerapkan undang-undang anti pencucian uang yang ketat.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga sedang mempertimbangkan rencana untuk mengenakan pajak atas perdagangan aset kripto setelah melihat popularitas di kalangan investor lokal. Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Neilmaldrin Noor mengatakan, pembahasan terkait pemajakan ini dilakukan dengan berbagai stakeholder terkait. Berbagai informasi mengenai kripto pun masih dalam penelitian untuk menentukan jenis pajak yang sesuai.

Bursa Kripto Nasional Pertama di Indonesia

Indonesia akan segera memiliki bursa kripto nasional sendiri menurut Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Jerry Sambuaga. Meskipun belum ada tanggal spesifik peluncuran resmi, peluncuruan dapat dilakukan segera setelah akhir tahun 2021 ini.

“Memang di akhir tahun ini paling lambat akan dibentuk bursa. Kita juga juga berpandangan bahwa sirkulasi dan arus crypto harus banyak di dalam negeri ketimbang harus di luar negeri,” – Wamendag Jerry Sambuaga

Seperti yang diketahui, saat ini negara-negara lain belum merencanakan hal yang sama. Contohnya seperti Binance yang berbasis di Malta, dan Coinbase yang berbasis di AS. Kedua bursa kripto tersebut dikeola oleh pihak swasta, bukan negara. Maka dari itu, Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan memiliki bursa kripto yang dikelola oleh pemerintah.

Penutupan

Indonesia tumbuh pesat dalam jumlah investor kripto beberapa tahun terakhir. Namun ada beberapa yang masih berharap bahwa pemerintah pada akhirnya akan mengubah regulasi cryptocurrency dari aset komoditas. Meskipun hal tersebut hal yang sulit terealisasi dalam waktu dekat, tapi bukan suatu hal yang mustahil.

Rencana pemerintah mendirikan bursa kripto nasional merupakan salah satu langkah besar bagi masa depan aset kripto di Indonesia, karena ini akan menjadi pertama kalinya sebuah negara mendirikan bursa kripto yang didukung negara. Revolusioner!

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, dan Instagram.

Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, dan masukan, silahkan kunjungi kami di roadmap.usenobi.com atau bergabung dengan komunitas Telegram kami.

#GrowYourCrypto #GrowWithNOBI

Baca Juga:

Wah! Visa Kini Menerima Pembayaran Dengan Aset Kripto!

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
DeFi Masa Depan Keuangan
DeFi, Sistem Keuangan Masa Depan
Yield Farming: Kenapa Menjadi Tren?
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...