world.svg
Kripto Anjlok: Strategi Trading Aset Kripto Saat Pasar Sedang Memerah
Kripto Anjlok: Strategi Trading Aset Kripto Saat Pasar Sedang Memerah

Read in English

Terra Luna terjun bebas 99,99%. Kapitalisasi pasar global telah turun 3,11% menjadi $1,24 triliun. Sebagian besar koin teratas telah mengalami penurunan valuasi dalam 24 jam terakhir. Apa strategi terbaik saat berada di kondisi ini?

Dalam 24 jam terakhir, pasar cryptocurrency tengah kebakaran. Menurut data CoinMarketCap, kapitalisasi pasar global telah turun sebesar 3,11% dalam 24 jam terakhir menjadi $1,24 triliun pada pukul 8:45 a.m. WIB (13 Mei 2022).

Dalam kondisi krisis pasar yang sedang memerah seperti saat ini, investor dapat menggunakan lima strategi sederhana berikut.

1. Buy The Dip

Strategi investasi yang paling sederhana adalah “buy the dips” alias membeli di saat harga aset sedang turun. Namun, tidak berarti kamu harus memborong segalanya saat harga aset kripto anjlok; tetapi, kamu perlu tetap melakukan average saat harganya sedang drop dan/atau membeli setelah harganya tenang kembali. Membeli dip dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan. Dalam praktiknya, harus diakui juga bahwa menjalankan strategi ini secara efektif mungkin lebih sulit dilakukan daripada sekadar diucapkan.

Strategi ini tidak selalu memberikan jaminan keberhasilan dalam mendapatkan profit yang maksimal.Tetapi, ini adalah salah satu strategi investasi yang brilian dan mudah untuk dilakukan untuk semua kalangan (dari trader newbie hingga expert). Itu karena metode ini tidak mewajibkan adanya bakat spesial atau keahlian analisis teknikal tertentu. “Buying the dips” bisa menjadi strategi yang cukup menjanjikan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi juga. Apalagi, ketika didukung aspek teknikal. Meski sebenarnya tanpa perlu menerapkan aspek teknikal pun, strategi ini masih lebih baik daripada terjerumus FOMO untuk membeli harga saat aset kripto berada di harga puncak. Atau, panic selling di kondisi pasar yang stagnan ataupun bull ketika harga telah kembali ke posisi semula.

2. Mengidentifikasi Proyek dengan Prospek Bagus

Investor juga perlu menyadari bahwa sekalipun pasar bitcoin sedang mengalami penurunan tajam, ada beberapa aset kripto tertentu yang mampu bertahan dengan baik. Beberapa analis dan penasihat keuangan menawarkan rekomendasi khusus untuk menganalisis koin. Mereka akan merekomendasikan investor untuk mencari aset kripto dengan fundamental yang kuat dan strategi pasar yang mendalam.

3. HODL (Hold On for Dear Life)

Holding On For Dear Life, atau HODL, adalah salah satu strategi yang tepat untuk menghadapi crash pada aset kripto seperti saat ini. Pada dasarnya, strategi ini adalah suatu upaya membeli aset kripto dan menyimpannya untuk jangka waktu yang panjang. Itu terlepas dari seberapa besar nilai aset digital yang terpengaruh oleh fluktuasi. Meskipun hodling aset kripto dengan cara ini adalah strategi yang realistis, banyak penasihat keuangan menyarankan investor untuk hanya hodling pada aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Di NOBI, kami benar-benar melakukan riset mendalam dan menyeluruh tentang aset kripto sebelum kami mencantumkannya (listing) di aplikasi NOBI, dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan potensi jangka panjangnya. Sehingga, investor tidak perlu khawatir tentang keberlanjutan proyek kripto yang kami sediakan, karena sudah cukup jelas bahwa kami hanya listing aset kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya dan potensi terbaik di masa depan.

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada opsi lainnya yang lebih menguntungkan untuk kamu. Daripada hanya menyimpan aset kripto favoritmu di dompet alias HODL, kamu bisa mulai mendapatkan lebih banyak keuntungan dalam bentuk bunga kompetitif per tahunnya (hingga 10% APR) melalui NOBI Earn.

4. Beralih ke Fiat untuk Sementara Waktu

Ketika pasar kripto mengalami penurunan, beberapa trader merekomendasikan untuk beralih ke uang kertas atau fiat. Ketika suatu aset digital jatuh nilainya, Manajemen Aset Kripto, misalnya, sering menggunakan strategi ini. Beralih ke fiat juga melibatkan kemampuan untuk mengatur waktu pasar (time the market) dengan baik, baik saat menentukan kapan keluar maupun saat kembali entri. Teknik terbaik adalah menyisihkan dana yang kamu mampu untuk kehilangannya dan kemudian tetap berpegang pada rencana awalmu terlepas dari fluktuasi pasar yang menerjang.

5. Menerapkan Strategi TradingShorting

Jika dijalankan dengan benar, strategi shorting Bitcoin dan aset kripto lainnya dapat memberikan profit yang sangat menguntungkan. Shorting adalah suatu strategi yang disediakan untuk investor yang lebih berpengalaman atau expert. Strategi ini cukup beresiko tinggi. Oleh sebab itu, investor perlu melakukan uji tuntas (due diligence) sebelum menerapkan metode apa pun untuk mendapatkan profit dari kondisi pasar yang anjlok ini.

Jadi, strategi mana yang paling cocok untuk kamu? Apapun itu, may the gains always be with us!?

Tentang NOBI

NOBI adalah aplikasi kripto all-in-one yang menawarkan berbagai jenis investasi kripto yang mudah melalui passive income, seperti NOBI EarnNOBI Prodan NOBI Trade. Cocok bagi investor kripto pemula, atau investor kasual yang tertarik berinvestasi kripto, tapi tidak ada waktu untuk kripto. Atau yang sudah terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-harinya.

Apakah Aman Berinvestasi di NOBI?

PT Enkripsi Teknologi Handal (NOBI) adalah perusahaan resmi terdaftar di Indonesia yang telah berdiri sejak 2019, dan merupakan anggota aktif dari Asosiasi Blockchain Indonesia. Selain itu, NOBI selalu berkomitmen dalam bermitra dengan perusahaan kripto global & projek kripto kelas dunia, seperti BinanceBitmexINDODAX dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa berinvestasi aset kripto di aplikasi NOBI dengan aman dan terpercaya.

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, Instagram,  atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram.

Apabila memiliki kendala dengan aplikasi NOBI dan membutuhkan bantuan cepat, NOBI HELP siap membantu!

Dan jika memiliki pertanyaan, saran, dan masukan, silahkan kunjungi kami di roadmap.usenobi.com atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram.

NOBI tersedia di Android Play Store & Apple App Store. Download sekarang dan buat akun NOBI secara gratis dalam hitungan menit!

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
Lebih Mudah Bergabung Dengan NOBI!
All NOBI Fees Explain
Biaya NOBI
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...