world

Saham VS Aset Kripto; Pertarungan Tahun Ini

Perbedaan dan pro-kontra investasi kedua sisi

Pengenalan

Sebelum kita masuk ke perincian, perbedaan besar antara berinvestasi dalam saham dan mata uang kripto adalah membeli dalam mata uang kripto tidak memberi Anda hak kepemilikan atau hak suara dalam entitas yang mendasarinya. Tetapi jika Anda memiliki saham yang mewakili 1% dari modal saham di sebuah perusahaan, Anda juga memiliki 1% dari perusahaan tersebut. Kasus terburuk jika perusahaan bangkrut, Anda berhak menerima 1% dari sisa aset perusahaan.

Jika Anda ingin mulai berinvestasi tetapi Anda masih pemula, memahami perbedaan antara saham dan cryptocurrency dapat membantu Anda memutuskan di mana Anda ingin mulai berinvestasi. Pada Januari 2021, kapitalisasi pasar Bitcoin telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa dan tumbuh lebih dari 400 miliar dolar AS! Pertumbuhan ini telah menarik para pedagang di seluruh dunia, tetapi perdagangan mata uang kripto bekerja dalam format yang berbeda dibandingkan dengan perdagangan Saham. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang perbedaan & apa yang harus menjadi pilihan Anda jika Anda berencana untuk berinvestasi pada tahun 2021. Semua investasi memiliki risiko tertentu. Di bidang keuangan, risiko mengacu pada potensi kerugian finansial dalam keputusan investasi. Secara umum, ketika risiko investasi meningkat, investor mencari pengembalian yang lebih tinggi untuk mengkompensasi diri mereka sendiri karena mengambil risiko tersebut.

Successful investing is about managing risk, not avoiding it. – Benjamin Graham

Jumlah investor yang meningkat

Kondisi pandemi yang membatasi aktivitas semenjak tahun lalu tidak menyurutkan minat investor untuk masuk ke pasar modal. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menuturkan sepanjang tahun 2020, jumlah investor di Pasar Modal Indonesia yang terdiri atas investor saham, obligasi, maupun reksadana mengalami peningkatan pesat. Tercatat, data dari 29 Desember 2020 lalu jumlah investor mencapai 3,87 juta Single Investor Identification (SID) atau naik 56 persen dari posisi akhir 2019 lalu. Dari jumlah itu, investor saham juga naik sebesar 53 persen menjadi sejumlah 1,68 juta SID. Hal serupa juga dialami aset kripto, terutama Bitcoin. Meski di tengah krisis finansial global, investor justru berbondong-bondong investasi di Bitcoin yang mengakibatkan harganya melonjak dari tahun lalu. Kemudian baru-baru ini investor institusional marak melakukan pembelian Bitcoin dalam jumlah besar atau biasa disebut dengan Whale Bitcoin. Kenaikan harga Bitcoin yang kini menembus Rp.665 juta per kepingnya di waktu penulisan ini, dianggap sebagai aset kripto dengan valuasi terbesar di dunia yang memiliki performa terbaik di tahun 2020.

Perbedaan Investasi Saham dan Aset Kripto

  • Persiapan

Sebelum memulai investasi saham, pelajari analisa fundamental sederhana tentang kondisi perusahaan saham yang Anda pilih. Lakukan riset dan pantauan dahulu seperti membaca berita-berita terkait perusahaan tersebut. Hal penting berikutnya yaitu pastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda juga bisa memeriksa likuiditas perusahaan broker selaku Penjamin Emisi Efek atau Perantara Pedagang Efek di website Bursa Efek Indonesia.

Di sisi lain, jauh lebih mudah untuk memulai perdagangan mata uang kripto, aturan nomor 1 jika Anda ingin membeli Bitcoin atau mata uang kripto lainnya, Anda perlu menggunakan pertukaran mata uang kripto. Pertukaran cryptocurrency terbaik aman, hemat biaya, cepat disiapkan, mudah digunakan, dan menerima berbagai sumber pendanaan, seperti Indodax, Coinbase, Binance, dan eToro beberapa nama.

  • Perbedaan pergerakan harga

Pergerakan harga saham dianggap lebih lambat dibandingkan aset kripto. Khusus untuk Bitcoin, pergerakan harga cenderung berfluktuasi. Salah satu alasan mengapa harga Bitcoin sangat fluktuatif adalah karena terbatasnya jumlah Bitcoin yang tersedia di pasar. Hanya ada 21 juta Bitcoin yang dapat ditambang secara total, dan sekali Bitcoin miners have unlocked all the Bitcoins, pasokan pada dasarnya akan disadap. Saat ini, sekitar 18.5 juta Bitcoin telah ditambang, yang berarti hanya menyisakan kurang dari tiga juta Bitcoin. Dengan demikian untuk keterbatasan Bitcoin di pasar, harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan.

  • Jam Pasar

Perbedaan penting lainnya antara saham dan mata uang kripto adalah ketersediaannya untuk diperdagangkan. Karena sebagian besar bursa tradisional memiliki sesinya masing-masing, karena itu tidak ada perdagangan pada akhir pekan atau bahkan pada hari libur nasional. Yang kontras dengan mata uang kripto, di mana pertukaran kripto bekerja 24/7.

  • Risiko

Saham sangat diatur, dan sebagian besar harus melalui audit tahunan agar dapat terus diperdagangkan di pasar. Namun bukan jaminan perusahaan tempat Anda berinvestasi saham tidak akan bangkrut. Ambil contoh Thomas Cook (Salah satu perusahaan tur terbesar di dunia), di mana ia bangkrut dan sahamnya ambruk dalam semalam.

Menyimpan cryptocurrency juga bisa berisiko jika tidak disimpan dengan cara yang benar. Ada insiden pencurian yang signifikan pada dompet pribadi tetapi juga pertukaran. Peretasan tetap menjadi ancaman konstan jika cryptocurrency tidak disimpan dan dilindungi dengan benar.

Kesimpulan

Investasi saham dan Bitcoin memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilihan sarana investasi yang terbaik hanya dapat ditentukan oleh pribadi masing-masing dengan perhitungan yang matang. Perlu diingat bahwa berdagang Bitcoin cenderung lebih berisiko karena harganya lebih fluktuatif dibandingkan dua pasar yang lain, namun potensi yang dimiliki Bitcoin jauh lebih besar dari saham. Yang membedakan investasi aset kripto dari saham atau forex adalah; investor dalam dunia Bitcoin tidak perlu bergantung pada pihak ketiga atau broker. Anda tidak perlu takut bahwa seseorang akan membawa kabur uang Anda selama Anda cepat-cepat menarik Bitcoin yang Anda punya ke wallet pribadi.

Jika Anda baru ingin memulai berinvestasi di Bitcoin atau aset kripto lainnya, ada banyak pilihan aplikasi kripto yang aman dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun, dan salah satunya adalah di NOBI, di mana Anda bisa mulai dari 10 USD saja!!

Untuk pertanyaan, saran, dan masukan, silahkan kunjungi kami di roadmap.usenobi.com atau bergabung dengan komunitas kami di Telegram.

Apakah artikel ini bermanfaat bagi kamu?

Bagikan :

Artikel Terkait

Topik Pilihan

Trading
Market Analysis
Learn
Investment
Getting Started
English
Crypto News
Crypto
Blockchain
Bitcoin
Altcoins

Moving Your Crypto Forward in One App

Artikel Terkait

Mengenal Crypto Fear and Greed Index

14/03/2023