world.svg
Ingin Merdeka Finansial? Yuk, Simak 7 Cara Jitu Ini!
Ingin Merdeka Finansial? Yuk, Simak 7 Cara Jitu Ini!

Read in English

Kerja keras bagai kuda, sampai lupa waktu dan keluarga, tapi belum merdeka finansial juga? Eits! Jangan buru-buru menyerah. Yuk, simak 7 cara manjur versi NOBI ini agar kamu bisa Merdeka Finansial! ?

1. Mengerti Kondisi Finansial & Kebutuhan Diri

Seringkali, kita mungkin tidak sadar sudah ke mana saja larinya uang kita. Kamu mungkin juga akan merasa malas untuk mencatat secara rinci pengeluaran-pengeluaran kecil seperti ngopi dan beli mie instan di warkop, apalagi yang hobi ngafe dan beli es kopi susu kekinian yang cukup costly itu.

Akibatnya, kamu lebih memilih untuk hanya memikirkan cara agar uang bulananmu bisa mencukupi kebutuhan hidup selama satu bulan saja. Mindset-nya adalah asalkan cukup, kita merasa tak ada yang salah dalam urusan finansial kita, sehingga kita tak perlu mengecek semua transaksi yang telah kita lakukan. Padahal sebenarnya, ini bukan hanya soal bokek-tidaknya kita. Tapi, ini adalah langkah bermanfaat untuk mencegah kita melakukan berbagai keputusan finansial yang tidak bijak.

Jadi, mulai detik ini, mari kita selalu monitor semua transaksi keuangan setiap harinya. Kamu harus tahu dan sadar ke mana dan untuk apa sajakah uangmu kamu gunakan, bahkan hal-hal kecil sekalipun. Faktanya, monitoring keuangan adalah langkah awal menuju manajemen atau pengelolaan uang dengan bijak. Dengan begitu, kamu akhirnya akan lebih memahami kondisi finansial sendiri dan juga kebutuhan diri.

2. Membuat Rencana Keuangan dengan Baik

Apakah pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatanmu? Sebagian individu mungkin tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Alhasil, pengeluarannya jauh lebih besar daripada pendapatannya.

Jadi, jika kamu merasa adalah salah satu yang mengalaminya, saatnya kita sadar wahai jiwa-jiwa yang tersesat. Kamu perlu mengontrol dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Apalagi, godaan diskon dan juga trik marketing yang memikat bisa saja membutakan mata kita dan akhirnya kita tidak sadar telah impulsif membeli keinginan yang tidak perlu. Dengan demikian, membuat rencana keuangan dan mencatat pengeluaran adalah hal yang sangat penting agar outcome dan income kita terkontrol dengan baik.

3. Menabung dengan Konsisten

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan saat memutuskan untuk menabung sejak usia muda. Tak ayal, menabung adalah salah satu investasi paling mudah yang bisa semua orang lakukan. Maka dari itu, jika kamu mendapatkan rezeki, selalu sisihkan sebagian dari uang tersebut untuk tabungan. Sebagian orang mungkin memandang bahwa aktivitas menabung adalah kewajiban, karena bagi mereka, tabungan adalah harta yang bisa menjamin kehidupan di masa depan.

Saat ini, sudah banyak juga penyedia layanan khusus menabung hingga platform manajemen keuangan, yang tentunya akan sangat berguna bagi kamu untuk memaksimalkan konsistensi dalam menabung secara rutin. Tapi, perlu diingat juga, kamu perlu melakukan riset yang menyeluruh terlebih dahulu sebelum memutuskan platform mana yang akan kamu pilih.

4. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Jika selama ini kamu hanya mengandalkan satu penghasilan dari satu pekerjaan saja, maka kini saatnya untuk mulai mencari cara lain untuk menambah sumber cuan untuk dompetmu.

Simpelnya, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang lebih ringan dari pekerjaan utamamu saat ini. Tentu saja, yang tidak akan mengganggu profesionalitasmu dalam pekerjaan yang sekarang.

Kamu bisa menyusuri lahan freelance, usaha bisnis kecil-kecilan di rumah, menjadi dropshipper, dan lain sebagainya. Dengan menambah streams of income dari pekerjaan tambahan, maka pendapatan total kamu pastinya juga akan bertambah, sehingga kamu punya uang lebih untuk disimpan sebagai tabungan.

5. Berinvestasi dalam Instrumen yang Minim Risiko

Tahukah kamu? Setiap tahun, akan terjadi inflasi (kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu). Artinya, kondisi seperti itu akan membuat nilai uang fiat yang kita miliki menyusut dari waktu ke waktu. Parahnya lagi, akan menjauhkan kamu dari tujuan untuk mencapai kebebasan finansial. Atau dengan kata lain, gajimu memang akan naik seiring berjalannya waktu, tapi apakah kamu bisa memastikan uang yang sudah kamu simpan nilainya serta-merta akan naik juga?

Dengan mulai berinvestasi seawal mungkin, maka kamu bisa menghindari dampak Inflasi. Karena uangmu juga akan bekerja secara otomatis, sehingga nilainya akan tetap terjaga bahkan akan bertambah seiring waktu. Ada berbagai jenis investasi yang bisa kamu coba, antara lain deposito, reksadana, saham dan bahkan yang sangat fenomenal kala ini yaitu aset kripto (cryptocurrency).

Namun, jangan lupa untuk melakukan riset mandiri (DYOR) terlebih dulu sebelum kamu menambatkan pilihan ke aset kripto mana yang kamu akan investasikan. Cara termudah dan paling aman adalah dengan menginvestasikan uangmu di Platform Manajemen Aset Kripto yang kredibel, NOBI salah satunya.

6. Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living

Sederhananya, frugal living adalah gaya hidup hemat tanpa harus mengabaikan nilai dari suatu barang. Dengan kata lain, konsep lifestyle ini bukan berarti menekan pengeluaran dengan membeli segalanya yang murah, atau apalagi tidak membeli barang sama sekali, namun lebih cenderung ke memakai uang dengan seefektif mungkin.

Meskipun terkenal konsumtif dan hobi menyimpan barang yang tidak penting, ternyata tidak sedikit milenial dan gen Z yang mulai menerapkan gaya hidup minimalis. Kondisi ini akhirnya merambat juga ke elemen pengeluaran atau finansial dengan adanya penerapan frugal living. Jadi, frugal living adalah konsep gaya hidup hemat di mana kamu sadar akan kondisi keuangan dengan cara fokus terhadap prioritasmu.

7. Hidup Bahagia Tanpa Hutang

Semakin banyak hutang, maka akan semakin cepat juga gajimu hilang hanya untuk membayar hutang. Jadi, jika saat ini kamu terlanjur sudah punya hutang, lunasilah sesegera mungkin. Tapi, jangan bayar hutang dengan memakai pinjaman uang yang baru juga, ya. Alias, jangan sampai kamu “gali lubang, tutup lubang”.

Lalu, kalau kamu sudah tidak memiliki hutang lagi, tetaplah kontrol pengeluaranmu, sehingga di kemudian hari kamu tidak perlu sampai berhutang lagi demi memenuhi kebutuhan.

Nah, itu dia 7 cara jitu yang bisa kamu terapkan di kehidupan kamu mulai hari ini agar kamu semakin dekat dengan target “Merdeka Finansial” impian!

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, Instagram,  atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram.

NOBI tersedia di Android Play Store & Apple App Store. Download sekarang dan buat akun NOBI secara gratis dalam hitungan menit!

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Deposit di Nobi
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Yield Farming: Kenapa Menjadi Tren?
Cara Mudah Bergabung di Produk NOBI
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...