world

Crypto This Week: Berita Crypto & NOBI Sepekan Terakhir

Apa Saja yang Terjadi di Industri Kripto Selama Seminggu Terakhir Ini?

Hey, NOBI’s! Minggu ketiga bulan September ini, industri kripto diwarnai dengan beragam berita dan peristiwa mengejutkan. Salah satunya, agenda bersejarah Cardano, yaitu Vasil upgrade, Cardano’s yang akhirnya berhasil terlaksana. Selain itu, datang juga kabar dari perusahaan raksasa MicroStrategy yang baru-baru ini memborong 301 BTC pada saat dip. Lalu, ada apa lagi? Yuk, simak berita crypto & NOBI sepekan terakhir yang sudah kami rangkum untukmu!

1. Biaya Transfer Ethereum Turun 93 Persen! Efek The Merge?

Usai merampungkan agenda The Merge Ethereum terpantau mengalami penurunan biaya transfer sebanyak 93 persen. The Merge sendiri adalah perpindahan protokol dari Proof of Work ke Proof of Stake. Menurut datam turunnya gas fee ini mulai terjadi pada 15 September, tepatnya setelah Ethereum melakukan transisi The Merge.

Menurut platform pelacak data gas penambangan kripto, etherscan.io, pada Sabtu (17/9/2022) biaya transaksi turun menjadi 0,18 dolar AS per transaksi. Itu artinya, anjlok drastis jika dibandingkan dengan transaksi Ether di tanggal 13 Mei 2022 yang saat itu transaksi transfer dipatok biaya 68 gwei atau 2,97 dolar AS per transaksi.

2. Harga Bitcoin Sedang Diskon, MicroStrategy Serok 301 BTC Lagi!

Berdasarkan pengajuan Formulir 8-K kepada Komisi Bursa dan Sekuritas (SEC) baru-baru ini, MicroStrategy telah resmi menambahkan total sebanyak 301 bitcoin ke dalam neraca keuangan perusahaannya.

Antara tanggal 2 Agustus 2022 – 19 September 2022, MicroStrategy menghabiskan sekitar $6 juta dari dana kas berlebih perusahaan untuk membeli Bitcoin (BTC) dengan harga rata-rata sekitar $19.851 per koin. Akhirnya, pembelian ini membuat jumlah total Bitcoin yang dimiliki oleh perusahaan dan anak perusahaannya menjadi 130.000 BTC. Sesuai dengan pernyataan dari co-founder sekaligus executive chairman perusahaan, Michael Saylor.

3. Sah! Bayar Pajak di AS Sekarang Sudah Bisa Pakai Bitcoin!

Negara bagian Colorado di Amerika Serikat melalui Departemen Pendapatan negaranya kini menawarkan pembayaran pajak menggunakan aset kripto meskipun saat ini masih hanya berlaku untuk pembayaran pribadi saja.

Dilansir dari Cointelegraph pada Rabu (21/9/2022), Gubernur Colorado, Jared Polis pada Senin lalu memberikan pengumuman bahwa opsi pembayaran pajak menggunakan kripto sudah tersedia di situs web Departemen Pendapatan Colorado di mana pajak dapat dibayarkan melalui Paypal Cryptocurrency Hub.

4. Iran Resmi Luncurkan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC)

Percaya atau tidak, Iran segera memiliki mata uang digitalnya sendiri. Bank sentral Iran, CBI mengatakan akan mulai meluncurkan “crypto-rial” sebagai mata uang digital pada Kamis waktu setempat.

CBI memaparkan tujuannya merancang uang digital itu, yakni untuk mengubah uang kertas menjadi entitas yang bisa diprogram. Fitur yang ditawarkan adalah keamanannya yang tinggi termasuk desainnya yang membuat crypto-rial bisa dilacak dengan mudah bahkan saat ponsel terserang peretasan, dikutip Otaghiranonline, Kamis (22/9/2022).

Laman itu menuliskan mata uang digital milik Iran tidak dirancang untuk bersaing dengan mata uang kripto global. Ini tidak seperti bitcoin ataupun kripto lainnya. Crypto-rial merupakan mata uang digital bank sentral (CBDC) terpusat. Sifatnya tidak anonim dan sesuai dengan persyaratan anti pencucian uang.

5. Dominasi BTC Mulai Berkurang, Tanda-Tanda Altseason Segera Tiba?

Baru-baru ini, sebagian investor kripto mencari indikator sebagai panduan membeli dan menjual aset di pasar kripto untuk mengais profit di tengah kondisi pasar yang masih loyo. Ternyata, salah satu indikator menunjukkan altcoin kripto mengalami periode altcoin season yang menguntungkan.

Per 19 September 2022, 69% dari 50 aset kripto teratas memperlihatkan performa lebih baik dibandingkan Bitcoin (BTC) dalam kurun waktu 90 hari terakhir. Data Blockchain Center berkata, hal tersebut berarti altseason sedang berlangsung.

Sebagai informasi, altcoin season adalah fase ketika altcoin berhasil mengalahkan BTC dalam hal profitabilitas di pasar aset kripto. Tetapi, hal ini tidak memberikan jaminan keuntungan karena pasar memang masih cukup volatil. Tapi, altseason kripto memberikan peluang emas bagi investor ritel untuk diversifikasi portofolio.

Demikian rangkuman berita dari industri kripto & NOBI selama sepekan terakhir ini. Nantikan berita-berita menarik lainnya di edisi Crypto This Week berikutnya!

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, Instagram, atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram community.

NOBI tersedia di Google Play Store dan App Store. Download sekarang dan buat akun NOBI secara gratis dalam hitungan menit!

Apakah artikel ini bermanfaat bagi kamu?

Bagikan :

Popular Tags

Trading
Market Analysis
Learn
Investment
Getting Started
English
Crypto News
Crypto
Blockchain
Bitcoin
Altcoins

Moving Your Crypto Forward in One App

Artikel Terkait​

Crypto This Week: Hydra Pay Segera Meluncu...

Crypto This Week: Siap-siap! Setelah PEPE,...

Crypto This Week: Koin PEPE Catat Reli Men...

Crypto This Week: XRP Dinilai Punya 'Setup...

Crypto This Week: Siap-Siap! Polygon Labs ...

Crypto This Week: Para Whale Gencar Akumul...