world.svg
Crypto This Week: Hukuman 115 Tahun Penjara Menanti Mantan CEO FTX; Pasar Kripto Resmi Diatur OJK
Crypto This Week: Hukuman 115 Tahun Penjara Menanti Mantan CEO FTX; Pasar Kripto Resmi Diatur OJK

Read in English

Apa Saja yang Terjadi di Industri Kripto Selama Seminggu Terakhir Ini?

Hi NOBI’s! Selama seminggu terakhir, banyak hal menarik yang terjadi di sektor kripto. Pertama, datang dari kelanjutan insiden FTX di mana sang eks CEO akhirnya resmi dijatuhi hukuman 15 tahun pejara. Lalu, satu lagi datang dari kebijakan pasar kripto Indonesia, di mana mulai sekarang pasar kripto sudah resmi diatur OJK. Ada berita menarik apa lagi? Yuk, simak berita kripto sepekan terakhir yang spesial kami rangkum untukmu!

1. Hukuman 115 Tahun Penjara Menanti Mantan CEO FTX

Sam Bankman-Fried (SBF), pendiri sekaligus mantan CEO dari platform jual beli kripto FTX, ditahan oleh kepolisian Bahama pada Senin (12/12/2022) waktu setempat. Penangkapan dilakukan setelah dakwaan tertutup dikeluarkan oleh kejaksaan Southern District of New York kepada pemerintah Bahama.

The New York Times melaporkan tuduhan yang dijatuhkan kejaksaan Southern District of New York di antaranya adalah konspirasi dan penipuan keuangan yang melibatkan penggunaan telekomunikasi atau teknologi informasi (wire fraud), penipuan sekuritas, dan pencucian uang. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) juga dikabarkan akan menjatuhkan tuntutan yang berbeda kepada SBF, yakni “melanggar hukum sekuritas”, seperti dikutip CNBC.

2. Genap 13 Tahun Sejak Satoshi Nakamoto Terakhir Kali Aktif di Forum Bitcointalk

Sudah genap 13 tahun sejak Satoshi Nakamoto masuk ke forum bitcointalk.org untuk terakhir kalinya, dan meninggalkan komunitas Bitcoin untuk selamanya. Satoshi Nakamoto terakhir kali aktif di forum bitcointalk yang populer dan veteran itu pada tanggal 13 Desember tepat 12 tahun yang lalu. Nakamoto tidak ingin menjadi “sosok bayangan misterius.” Sebaliknya, pencipta aset kripto terbesar di dunia tersebut ingin fokus pada proyek open-source dan memberikan lebih banyak kredit kepada kontributor dev.

3. Sah! Mulai Sekarang Pasar Kripto Resmi Diatur OJK

Meledaknya pasar kripto membuat pemerintah mau tidak mau harus segera memberlakukan aturan yang mengawasi dan melindungi pihak investor. Pemerintah dan DPR sepakat untuk mengatur aset keuangan digital, termasuk aset kripto di dalam Rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK). RUU P2SK tersebut telah disahkan menjadi Undang-undang (UU) hari Kamis (15/12/2022).

Dalam penjelasan UU P2SK, pemerintah dan DPR mengungkapkan, sektor keuangan Indonesia menghadapi tantangan dari munculnya instrumen keuangan yang kompleks dan berisiko tinggi, seperti kripto serta penilaian tata kelola dan penegakan hukum sektor keuangan dalam berbagai asesmen terkini juga rendah.

4. SEC Thailand Siap Perketat Regulasi Kripto untuk Lindungi Investor

Thailand bergabung dengan daftar negara yang berusaha merevisi peraturan kripto mereka setelah keruntuhan FTX. Dan, seperti yang dilakukan sebagian besar negara-negara ini, mereka bermaksud untuk memperketat pedoman untuk industri dan fokus pada perlindungan investor. Menurut laporan dari Bangkok Post yang diterbitkan pada 13 Desember, Komisi Sekuritas dan Bursa Thailand (SEC) sedang mempersiapkan peraturan yang lebih ketat tentang aset digital “untuk mencerminkan pasar global.”

5. Charles Hoskinson Sebut Solana (SOL) Bisa Jadi Sidechain Cardano (ADA), Ini Alasannya

Charles Hoskinson berpikir protokol kontrak pintar Solana (SOL) secara teoritis bisa menjadi sidechain dari jaringan Cardano (ADA). Selama sesi AMA YouTube terbaru, Hoskinson menjabarkan seperti apa kemitraan sidechain di Cardano.

Pendiri Cardano mengatakan sidechain dapat memiliki model komputasi sendiri, gagasannya sendiri tentang ketersediaan data, tumpukan jaringannya sendiri, dan algoritma konsensusnya sendiri. Hoskinson mengatakan Solana akan berada di posisi yang jauh lebih baik jika menjalin kerja sama dengan Cardano.

Demikian rangkuman berita dari industri kripto & NOBI selama sepekan terakhir ini. Nantikan berita-berita menarik lainnya di edisi Crypto This Week berikutnya!

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, Instagram,  atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram.

NOBI tersedia di Android Play Store & Apple App Store. Download sekarang dan buat akun NOBI secara gratis dalam hitungan menit!

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
DeFi Masa Depan Keuangan
DeFi, Sistem Keuangan Masa Depan
Yield Farming: Kenapa Menjadi Tren?
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...