world.svg
Crypto This Week: Hard Fork Polygon Sukses Terlaksana, Harga MATIC Langsung Melejit!
Crypto This Week: Hard Fork Polygon Sukses Terlaksana, Harga MATIC Langsung Melejit!

Read in English

Apa Saja yang Terjadi di Industri Kripto Selama Seminggu Terakhir Ini?

Hi NOBI’s! Industri kripto tampaknya telah memulai tahun yang baru ini dengan semangat menggelora. Terbukti dengan sejumlah pencapaian penting dan juga sentimen positif yang terjadi di pasar. Selain itu, harga MATIC telah meroket berkat rampungnya agenda hard fork Polygon. Berita menarik lainnya datang dari laporan yang menyebutkan bahwa volume pembayaran pakai USDT sukses ungguli Visa dan Mastercard. Ada kabar apa lagi? Yuk, simak berita kripto sepekan terakhir yang spesial kami rangkum untukmu!

1. Hard Fork Polygon Sukses Terlaksana, Harga MATIC Langsung Melejit!

Polygon, solusi penskalaan layer2 yang beroperasi di atas blockchain Ethereum, akhirnya resmi merampungkan hard fork pada hari Selasa (17/1). Sebagai informasi, hard fork adalah momen ketika sebagian besar validator blockchain (dalam konteks Polygon setidaknya ada 67%) yang setuju untuk melakukan upgrade ke software yang baru. Pada dasarnya, aktivitas ini ‘membuat blockchain baru’ dalam prosesnya. Hard fork biasanya digunakan untuk melakukan penyesuaian besar pada satu atau beberapa mekanisme yang mendasari jaringan.

Dalam konteks Polygon, ada 2 hal yang ingin diubah. Perubahan pertama melibatkan penyesuaian tentang bagaimana mereka menetapkan gas fee. Polygon bertujuan untuk mengurangi lonjakan harga gas fee yang cenderung terjadi saat banyak aktivitas di chain mereka. Token MATIC sendiri saat ini naik 14,12% dalam tujuh hari terakhir dan naik 1,4% selama 24 jam terakhir karena reli pasar crypto yang lebih luas terhenti untuk saat ini.

2. Kapitalisasi Pasar Kripto Tembus US$1 Triliun Lagi, Bitcoin (BTC) Melambung ke US$21 Ribu

Awal tahun 2023 nampaknya memberikan angin segar bagi crypto market. Di tahun ini, akhirnya Bitcoin (BTC) berhasil diperdagangkan di atas level US$20.000 untuk pertama kalinya, setelah kehancuran hebat FTX pada bulan November 2022 lalu. Dalam kurun 14 hari terakhir, harga Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan 25,9%. Sementara itu, bila kita ukur dalam rentang waktu 24 jam terakhir, aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu sudah menguat 11%, hingga melampaui level US$20.000. Bitcoin bahkan terpantau sempat diperdagangkan sedikit di atas kisaran US$21.000 pada awal jam perdagangan hari ini (14/1).

Saat ini, jumlah TVL-nya telah menyentuh angka US$90 juta, yang merupakan level tertinggi sejak awal November lalu. Tapi, jumlah tersebut memang masih lebih kecil dibandingkan dengan jaringan Ethereum atau BNB Chain. Tetapi baru-baru ini, Cardano telah berhasil melangkahi pertumbuhan mereka. Sentimen positif ini juga tercermin pada jumlah kapitalisasi pasar aset kripto secara global, yang sudah melampaui US$1 triliun. Sepanjang 24 jam terakhir, kapitalisasi pasar kripto sudah naik sekitar 9%.

3. Volume Pembayaran Pakai USDT di Tahun 2022 Sukses Ungguli Visa dan Mastercard

Menurut sebuah cuitan pada tanggal 14 Januari, di tahun 2022, stablecoin Tether USD (USDT) telah memproses transaksi senilai US$18,2 triliun. Jumlah tersebut menempatkan posisi USDT di atas perusahaan pemroses pembayaran tradisional seperti Visa dan Mastercard. Sebagai perbandingan, Mastercard dan Visa masing-masing memproses transaksi senilai US$14,1 triliun dan US$7,7 triliun.

Volume transaksi Tether yang tinggi membuktikan bahwa selama beberapa tahun terakhir, kelas aset stablecoin berhasil mengukir pertumbuhan yang masif. Terlepas dari tantangan berat yang masih menghinggapi industri kripto, stablecoin tampaknya masih terus berkembang pesat. Selain itu, tingkat adopsi stablecoin juga tumbuh di negara-negara yang memaksa kondisi ekonominya untuk menempatkan mata uang fiat nasional mereka pada posisi yang kurang menguntungkan saat ini.

4. Iran & Rusia Berniat Luncurkan Stablecoin yang Didukung Emas

Bank sentral Iran dikabarkan bekerja sama dengan pemerintah Rusia untuk bersama-sama meluncurkan stablecoin yang didukung dengan emas. Keduanya akan membuat token kripto untuk wilayah Teluk Persia yang akan berfungsi sebagai metode pembayaran dalam perdagangan luar negeri. Adapun stablecoin cenderung menjadi media pertukaran yang digemari, karena stabilitas harga yang diberikan.

Mengutip dari kantor berita lokal Vedomosti pada hari Minggu (15/1), Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Kripto dan Blockchain Rusia (RACIB), Alexander Brazhnikov, mengatakan bahwa token kripto itu diproyeksikan akan diterbitkan dalam bentuk stablecoin yang didukun emas. Stablecoin itu bertujuan untuk mengaktifkan transaksi lintas batas alih-alih menggunakan mata uang fiat seperti dolar Amerika Serikat (USD), rubel Rusia, atau rial Iran. Token kripto potensial itu akan beroperasi di zona ekonomi khusus di Astrakhan, Rusia. Di wilayah itu, Rusia mulai menerima pengiriman kargo Iran.

5. Ethereum Capai Titik Tertingginya dalam 10 Minggu Terakhir, Berubah Jadi Aset Deflasi Lagi?

Harga Ethereum (ETH) telah melonjak ke level tertingginya dalam sepuluh minggu terakhir. Selain itu, penerbitan ETH juga kembali ke area deflasi berkat permintaan jaringan yang meningkat. Harga penutupan Ethereum berada di level US$1.600 pada pagi hari tanggal 16 Januari. Memberikan kontribusi yang lebih lanjut pada kenaikannya di akhir pekan, ETH berhasil menyentuh harga tertingginya sejak tanggal 8 November, dan mencapai US$1.589 pagi ini.

Pada saat publikasi, aset ini telah melesat naik sebanyak 3% selama 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada level US$1.568. Selain itu, ETH tercatat juga telah naik lebih dari 30% selama dua minggu terakhir. Momentum bullish untuk Ethereum sendiri juga telah meningkat beberapa hanya bulan sebelum agenda upgrade Shanghai berlangsung. Apalagi, upgrade ini nantinya akan memungkinkan para staker untuk melakukan penarikan bertahap pada saldo ETH dalam staking yang sudah tertahan di Beacon Chain selama lebih dari dua tahun.

Demikian rangkuman berita dari industri kripto & NOBI selama sepekan terakhir ini. Nantikan berita-berita menarik lainnya di edisi Crypto This Week berikutnya!

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, Instagram,  atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram.

NOBI tersedia di Android Play Store & Apple App Store. Download sekarang dan buat akun NOBI secara gratis dalam hitungan menit!

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
Yield Farming: Kenapa Menjadi Tren?
Cara Mudah Bergabung di Produk NOBI
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...