world.svg
Crypto This Week: Jelang Shanghai Upgrade, Harga Ethereum Diprediksi Bakal Capai US$2.000!
Crypto This Week: Jelang Shanghai Upgrade, Harga Ethereum Diprediksi Bakal Capai US$2.000!

Read in English

Apa Saja yang Terjadi di Industri Kripto Selama Seminggu Terakhir Ini?

Hi NOBI’s! Seperti kita ketahui, pasar kripto telah memulai tahun 2023 dengan sangat bergairah, dan begitu pun sampai detik ini. Sebagian besar aset kripto mulai bangkit dari kubur dan mencatatkan tren kenaikan harga yang fantastis. Terlepas dari itu, beberapa agenda penting juga sedang bersiap meluncur, salah satunya Shanghai Upgrade Ethereum. Menurut prediksi, upgrade ini bakal memicu harga ETH meroket ke angka US$2.000. Apa alasannya? Yuk, simak berita kripto sepekan terakhir yang spesial kami rangkum untukmu!

1. Jelang Shanghai Upgrade, Harga Ethereum Diprediksi Bakal Capai US$2.000!

Ethereum (ETH) diyakini akan memasuki babak baru setelah melangsungkan Shanghai Upgrade yang rencananya siap meluncur pada Maret mendatang. Banyak analis meramal harga ETH bisa kembali menembus level US$ 2.000. Shanghai Upgrade pada awalnya diharapkan untuk memasukkan peningkatan tambahan yang sangat diantisipasi, termasuk proto-danksharding, yaitu proses pengambilan sampel data yang disederhanakan membuat transaksi layer-2 pada Ethereum secara signifikan lebih murah dan lebih cepat.

Ethereum Shanghai Upgrade akan menjadi pembaruan besar pertama sejak The Merge yang lebih dulu tayang pada bulan September lalu, yang mentransisikan jaringan ke sistem proof-of-stake (PoS). The Merge juga memperkenalkan kemampuan bagi pengguna untuk menyetor ETH ke jaringan untuk menjadi validator dan membantu mengautentikasi transaksi on-chain. Sebagai imbalannya, pengguna tersebut dapat mengumpulkan hadiah dalam bentuk ETH yang baru dihasilkan.

2. Bursa Kripto Indonesia Ditargetkan Berdiri di Juni 2023

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko menjelaskan, pemerintah melalui Bappebti siap menghadirkan bursa aset kripto pada tahun 2023 ini. Ketentuan itu tertuang dalam rumusan hasil Rapat Kerja Bappebti 2023 yang telah berlangsung pada 19-20 Januari 2023. Komitmen tersebut juga sesuai mandat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. 

“Sesuai arahan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, agar Bappebti segera membuat kelengkapan ekosistem perdagangan fisik aset kripto di Indonesia. Dengan kata lain, kami siap menghadirkan bursa kripto pada tahun 2023 ini,” terang Didid dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (20/1). 

3. Terbang Naik Maskapai Spanyol Ini Bisa Bayar Pakai Kripto

Vueling bakal menjadi maskapai penerbangan hemat pertama di Eropa yang menerima aset kripto sebagai alat pembayaran layanannya. Perusahaan mengumumkan pada 14 Januari 2023 lalu bahwa mereka sedang menelusuri penggunaan teknologi blockchain dan NFT untuk memungkinkan pelanggan memperoleh tiket pesawat dengan memakai aset kripto.

Manajer Aliansi dan Distribusi Vueling, Jesus Monzo mengungkapkan Vueling menyatakan langkah ini akan mentransformasi perusahaannya menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama yang menerima aset kripto sebagai alat pembayaran di Eropa. Fungsionalitas ini diharapkan tersedia di situs web maskapai pada kuartal ketiga 2023 nanti, dan akan menggunakan teknologi UATP, jaringan pembayaran global untuk maskapai penerbangan, meskipun perusahaan belum mengindikasikan mata uang kripto mana yang akan mereka terima nantinya.

4. AS Bersiap Operasikan Penambangan Bitcoin Bertenaga Nuklir pada 2023

Amerika Serikat (AS) akan membuka pusat data bertenaga nuklir pertamanya yang menawarkan penambangan Bitcoin pada kuartal pertama tahun ini. Pusat data ini bernama Cumulus Susquehanna dan berlokasi di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (25/1/2023), proyek ini telah dirampungkan oleh Cumulus Data, yaitu anak perusahaan dari produsen listrik independen Talen Energy. Pusat data ini harapannya bisa mulai menjadi tempat penambangan Bitcoin bertenaga nuklir dan layanan komputasi awan pada kuartal pertama 2023.

5. Cathie Wood Melihat Potensi Kripto Rebound di Tengah Putaran Poros Federal Reserve

CEO dan kepala investasi dari perusahaan investasi kripto dan teknologi inovatif ARK Invest, Cathie Wood, dalam sebuah blog video perusahaan yang dirilis pada 23 Januari 2023 mengungkapkan bahwa aset kripto memiliki potensi menjanjikan untuk mengalami perubahan yang fenomenal di tahun 2023 ini. Hal itu berkat tingkat inflasi yang menurun dan tindakan bank sentral Federal Reserve yang akan berputar.

Dilansir dari Cointelegraph pada Rabu (25/1/2023), memulai pembahasan dengan rangkuman prospek ekonomi makro, Cathie menjelaskan bahwa saat ini, sudah terlihat sinyal-sinyal yang menunjukkan inflasi bakal menurun, di mana The Fed harus segera berputar di 2023. Dengan situasi tersebut, aset berisiko seperti aset kripto pun akan diuntungkan dengan prospek ekonomi yang membaik dan sabuk keuangan yang semakin melonggar.

Demikian rangkuman berita dari industri kripto & NOBI selama sepekan terakhir ini. Nantikan berita-berita menarik lainnya di edisi Crypto This Week berikutnya!

Dapatkan update dan berita terkini dari NOBI dengan mengikuti sosial media kami di TwitterFacebook, Instagram,  atau bergabung dengan komunitas NOBI di Telegram.

NOBI tersedia di Android Play Store & Apple App Store. Download sekarang dan buat akun NOBI secara gratis dalam hitungan menit!

Artikel ini membantu kamu ngga?

Bagikan :

Kabar Menarik

NOBI Strategy, Cara Mudah Gandakan Aset Kripto
Cara Mudah Masuk dan Mendaftar di Nobi
Cara Mudah Deposit di Nobi
Lebih Mudah Bergabung Dengan NOBI!
All NOBI Fees Explain
Biaya NOBI
NOBI Highlight Juni 2023
NOBI Highlight Juni 2023
Juni NOBI Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypto Cashback
Juni Promo Extra Crypt...
NOBI Highlight Mei 2023
NOBI Highlight Mei 2023
Promo NOBI Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
Promo Bitcoin Pizza Day
NOBI Highlight April 2023
NOBI Highlight April 2023
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cashback Berlimpah
Promo Bulan Berkah Cas...